Mungkinkah Ada?

Pembaca sekalian tahu dengan yang namanya segitiga penrose? Pernahkah melihat gambar segitiga penrose? Mungkin kalau ditanya seperti itu sebagian bsear menjawab tidak tahu, tapi kalau pertanyaanya begini “Tahukah pembaca dengan antivirus Smadav? Berbentuk apakah simbol/logo yang digunakan oleh Smadav?”  Maka sebagian besar pasti akan menjawab mengetahuinya, berbentuk segitiga. Tapi coba perhatikan dengan seksama bentuk segitiganya, adakah yang aneh? Yupps, segitiga seperti itu disebut segitiga penrose.

Segitiga Aneh Penrose

Segitiga Penrose, atau dikenal juga dengan sebutan tribar, dipopulerkan oleh matematikawan Roger Penrose pada tahun 1934. Segitiga tersebut nampak seperti bangun ruang yang terdiri dari tiga balok  lurus dengan penampakan silang berbentuk segiempat, yang ujung-ujungya saling bertemu dan membentuk segitiga.

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang gambar ilusi matematika, postingan kali ini juga akan membahas hal yang masih sedikit berhubungan. Sekarang pertanyaanya, mungkinkah bangun ruang seperti segitiga penrose itu adadan bisa direalisasikan? Untuk menjawabnya, perhatikan juga gambar-gambar di bawah.

Ilusi Matematika
Ada yang aneh dengan bentuknya?
Ilusi Matematika
Segitiga Penrose
Ilusi Matematika
Immposible steps
Ilusi Matematika
Mungkin nyata?
Ilusi Matematika
Adakah dalam kehidupan nyata?
Ilusi Matematika
Perhatikan dengan seksama, bagaimana?

Setelah melihat beberapa pola di atas, bangun ruang tersebut sebenarnya tidak bisa direalisasikan dalam bentuk 3 dimensi. Meskipun begitu, memungkinkan untuk dibuat bentuk 3 dimensi yang tampak seperti pola tersebut, tetapi hanya bila dilihat dari sudut pandang tertentu saja.

Banyak gambar-gambar ilusi seperti contoh di atas, terutama tentang gambar ilusi [contohnya hasil karya seniman grafis, M.C. Escher]. Sebagai informasi, gambar di atas dibuat menggunakan FX Draw versi 4.

32 Replies to “Mungkinkah Ada?”

    1. Fast read ya mas? hehehe, yups salah satu antivirus lokal Indonesia menggunakan segitiga penrose menjadi lambangnya. Gambar-gambar tersebut dapat dikatakan sebagai ilusi optik, kemustahilan yang hanya dapat diwujudkan dalam bentuk gambar atau 2 dimensi. Memang mungkin saja dibuat dalam bentuk 3 dimensi, tetapi hanya jika dilihat dari sudut tertentu saja šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *