Cara Membagi Sudut Menjadi Dua Sama Besar

Dalam matematika, menggambar sebuah sudut menggunakan penggaris lurus maupun penggaris busur adalah hal yang sudah biasa. Bahkan sejak dari SD kita sudah diajarkan cara menggambarkan sudut, dan kita harus bisa menguasainya sampai jenjang SMP, SMA maupun seterusnya. Seperti yang telah kita ketahui, sebuah sudut bisa dinotasikan dengan tanda “\angle” dan kemudian diikuti oleh nama sudut tersebut. Untuk memberikan nama sudut, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya memberi nama sudut dengan tiga huruf, contoh Sudut ABC , \angle ABC . Selain itu, bisa juga memberi nama sudut dengan hanya satu huruf, seperti \angle \alpha , \angle \beta, \angle A, \angle B atau bisa juga sudut A , sudut B dan sebagainya.

Kita dapat membagi besar sebuah sudut dengan menggunakan alat berupa penggaris dan juga jangka. Berikut ini merupakan cara mudah untuk membagi sebuah sudut menjadi dua sama besar. Jangan lupa siapkan alat-alatnya ya, yaitu penggaris dan juga kompas.

Berikut Langkah-langkah Membagi Sudut Menjadi 2:

Langkah pertama, coba perhatikanlah gambar berikut. Di bawah ini terdapat sebuah sudut, yaitu sudut ABC dengan besar sudut \alpha^\circ. Sudut ABC tersebut akan kita bagi dua sama besar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara mudah membagi sudut menjadi dua, langkah pertama
Segitiga ABC

Dengan titik pusat B, lukislah busur yang melintasi AB dan AC. Caranya, gunakan jangka yang berpusat di titik B untuk membuat busur sehingga memotong garis AB dan AC. Titik potong tersebut kita beri nama di titik D dan E. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar langkah (1) di bawah ini.

Langkah-langkah membagi sudut menjadi dua sama besar
Jangkakan dengan pusat titik B memotong di titik D dan E

Langkah kedua, dari titik D dan titik E  buatlah busur lingkaran dengan lebar jangka/jari-jari yang harus sama. Caranya, misal pertama dengan titik pusat E, jangkakan busur lingkaran.

Cara mudah membagi sudut menjadi sama besar, langkah ke-3
Jangkakan dengan pusat E

Kemudian, tanpa merubah ukuran jangka ulangi cara yang sama dengan titik pusat D. Dari kedua busur lingkaran tersebut akan saling berpotongan. Misalkan titik potongnya adalah titik G.

Cara membagi sudut menggunakan penggaris dan kompas
Jangkakan dengan pusat D, memotong di G

Pada gambar di atas, terlihat bahwa titik G adalah merupakan titik perpotongan antara busur yang berpusat di titik D dan juga busur yang berpusat di titik E. Langkah ketiga adalah menghubungkan titik G dengan titik B. Garis BG merupakan garis bagi yang membagi sudut ABE menjadi dua sama besar.

Cara mudah membagi sudut menjadi dua sama besar
BG merupakan garis bagi

Garis BG sebagai garis bagi telah membagi sudut ABC menjadi dua sama besar, yaitu \angle ABG = \angle CBG

Jika kita hubungkan titik G dengan titik D, dan titik G dengan titik E makan akan terbentuk bangun layang-layang. Pada sifat layang-layang, diagonal yang panjang juga membagi sudut menjadi dua sama besar. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa ketika membagi sudut dengan cara seperti yang telah dijelaskan di atas. Kesalahan yang sering dilakukan adalah ketika pada langkah 2b. Ketika melukis busur pada langkah 2b, jarak busur dengan titik pusat, atau disebut jari-jari, haruslah sama dengan pada langkah 2a. Tetapi siswa ada yang berbeda jari-jarinya, sehingga sudut yang terbagi menjadi tidak sama.

Yang perlu diperhatikan, jari-jari pada langkah 1 dengan jari-jari pada langkah 2a maupun 2b boleh sama boleh juga tidak. Yang terpenting adalah jari-jari busur lingkaran pada langkah 2a dan langkah 2b harus sama. Bagaimana, mudah bukan cara membagi sudut menjadi dua sama besar? Jika sudah menguasai cara ini, maka untuk melukiskan sudut-sudut istimewa seperti sudut 90°, 45°, 60°, maupun sudut 30° tidak akan menemui kesulitan. Kalau ada pertanyaan atau ada yang masih kurang jelas, silakan ditanyakan melalui komentar di bawah.

Artikel ini bermanfaat? Jangan lupa klik tombol share di bawah ini untuk berbagi kepada teman-teman yang lain.

40 Replies to “Cara Membagi Sudut Menjadi Dua Sama Besar”

    1. Untuk membagi sudut menjadi 3 sama besar bisa menggunakan alat namanya Penggaris Kapak Tomahawk, jadi kita harus mempunyai penggaris yang berbentuk seperti kapak tomahawk tersebut.
      Ataum, bisa menggunakan cara seperti berikut yang diambil dari http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090616004826AAp0Ota
      Dengan bantuan jangka.
      Misalkan ada gambar sudut CAB = 90, titik A sebagai titik sudut.
      1.Buat lingkaran dengan titik A sebagai pusat, sehingga mendapatkan titik perpotongan dengan AB = D.
      2.Buat lingkaran dengan r yg sama dari titik D sebagai pusat, sehingga mendapatkan titik perpotongan dengan Lingkaran pertama = E.
      3.Maka ADE adalah segitiga sama kaki = sama sudut = 60.
      4.Dengan bantuan jangka, bagi dua sudut DAE :
      Dari titik D dan dari titik E, titik persilangan jangka ini (F) kalau ditarik ke titik A, merupakan pembagi sudut DAE sama besar = 30.
      5.Hasilnya Sudut CAB sudah terbagi 3 sama besar :
      CAE = 30
      EAF = 30
      FAB = 30
      Demikian semoga sesuai dengan apa yg dimaksud.

  1. Contoh yg diberikan cara membagi tiga sudut 90 derajat saja. Bgmna kalau membagi tiga sudut lainnya dgn jangka? Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *