Beberapa saat yang lalu ada komentar masuk di blog Dunia Matematika Kita yang berisi beberapa pertanyaan. Karena keterbatasan pemahaman saya dalam memahami soalnya, maka akan saya coba menyelesaikan soal tersebut sesuai dengan pemahaman saya. Mohon maaf sebelumnya kalau ada kesalahan. Soal yang ditanyakan oleh komentator bernama Diach itu adalah sebagai berikut ini:
1. (1/1-p)pangkat4 (1/1+p)pangkat-6 (1+p/1-p)pangkat-5 ?
2. (xpangkat2/3ypangkat-4/3: ypangkat2/3xpangkat2)pangkat-3/4 ?
3. jika diketahui a=4+akar3 dan b=4-akar3, maka nilai a pangkat2 + b pangkat2-2ab?
Pembahasan Soal
1. Jujur saja, saya kurang begitu paham dengan soal yang ditanyakan oleh Diach, mungkin karena Diach juga bingung menuliskan soalnya di blog ini. Apakah soal yang dimaksud adalah sebagai berikut ini? Mohon konfirmasinya.
Sebelumnya saya minta maaf karena soal tersebut belum saya selesaikan. Jawaban akan di susun segera mungkin setelah soalnya dikonfirmasi betul atau tidaknya
2. Mudah-mudahan soal yang kedua adalah benar seperti ini, yaitu untuk menyederhanakan bentuk berikut ini.
Jika benar,maka untuk mengerjakan soal tersebut kita harus memahami sifat-sifat operasi pada pecahan dan juga perpangkatan
Bentuk tersebut di atas mungkin masih bisa disederhanakan lagi, tergantung soal yang diminta bentuk akhirnya seperti apa.
3. Pada soal diketahui bahwa
Langsung saja substitusikan nilai a dan b pada persamaan maka didapatkan seperti di bawah ini.
Cukup sekian dahulu pembahasannya, mohon koreksinya ataupun ada tambahan cara yang lebih sederhanan silakan sampaikan lewat komentar di bawah. Mungkin karena ada kesulitan dalam menanyakan soal persamaan matematika di blog, silakan menggunakan fasilitas latex editor untuk menuliskan persamaan matematika di blog ini. Untuk lebih lengkap silakan baca postingan cara menuliskan persamaan matematika di blog/website.
Tak semua soal matematika bisa disampaikan dengan cara di dikte atau di eja karena akan muncul beberapa kemungkinan dan pemahaman yg beda
Contoh sederhana misalnya tiga p pangkat dua dibagi q tambah 5
Bilangan 5 bisa dimaknai suku tersendiri tapi bisa pula ada di posisi penyebut
Itulah uniknya matematika pak, penyampaian materi maupun soal yang kurang jelas bisa menimbulkan salah pengertian 🙂
Kasih jejak aja deh, maaf komen gak mutu! Lihat angka2 gitu, woow, >_<
waduh liat soalnya susah dibaca hehe
Kagum dah sama blog ini. Saya habis baca-baca artikelnya serba manfaat. Apalagi kalo ada pertanyaan di kolom komentar tetep diladeni, meski harus nulis di post baru..
Salam kenal mas..
Mantap juga mas Iching ini. Buka private aja mas biar banyak pulus…
back to school eaa.. makasih penjelasannya Pak Guru
Wajib buka buku Matematika lagi neh utk bisa memahami soal matematika di atas…#masih bisa gak ya kira-2?
cari paramex dulu akuh Pak Guru, begitu melihat angka2 ituh nah mengapa jadi puyeng, padahal ibu rumah tangga juga sering bergulat dengan angka ya hihihi
blog yg keren,,, maaf sebelumnya.. saya numpang nanya,, apa sich yg jaadi tren matematika saat ini..??
Sangat memfasilitasi untuk sesama penuka matematika
selamat sharring semoga teruss berbagi ilmu
maaf lama gak kunjung
pelajaran matematika yang kayak gini kayaknya pelajaran di SMA deh mantabs apalagi yang pake kuadrat itu
pusing juga ya kalo nemuin soal kayak gitu.
salam.
Sampai sekarang memang mingsih susah mas untuk ngetik model matematis, baik di HP maupun di blog. Semoga jawaban sementara di atas sesuwai dengan yang diharapkan.
itu angka kok bikin pusing ya 😀
sesama penyuka matematika, salam dari algebraic-expressions.blogspot.com
maaf, saya nggak ngerti itu bingung jadinya deh
Tidak apa, kalau misal ada yang bingung bisa ditanyakan kok 🙂