Contoh Pembahasan Soal Olimpiade Matematika

Dari komentar Pak Wandi pada postingan soal dan pembahasan bilangan ke-1439, beliau mengajukan beberapa soal lagi. Mungkin masih berkaitan dengan soal PASIAD 2010, karena tidak disebutkan sumber soalnya. Jika dari pembaca sekalian ada yang mengetahuinya, dimohon agar memberitahukan lewat komentar agar bisa ditambahkan informasi sumber soal. Soalnya kurang lebih seperti ini:

  1. Tentukan
  2. Tentukan nilai x jika (2^x-4)^3+(4^x-2)^3=(4^x+2^x-6)^3==> x=? [Jujur saja penulisan bentuk soal tersebut agak rancu, bisa berarti atau karena saya belum bisa sepenuhnya memahami soal yang dimaksud dan belum mendapat konfirmasi soal yang benar bagaimana].

Jawab:

1. Untuk menjawab soal pertama, lakukan manipulasi bentuk aljabar tersebut.

Dari bentuk tersebut, maka bentuk umumnya adalah untuk

maka:

Jawaban tersebut masih bisa disederhanakan, tinggal disesuaikan dengan pilihan jawaban kalau ada.

2. Ini maksud soalnya saya kurang paham, apakah atau

Untuk melihat soal yang dimaksud, silakan menuju komentar Pak Wandi.

Menurut komentar mas Tutur, soal nomor 2 cenderung ke bentuk soal , dan beliau juga memberikan jawabannya sebagai berikut:

Misalkan,     dan   maka soal  menjadi equivalen dengan bentuk

Karena maka diperoleh,

Substitusikan kembali nilai a dan b,  diperoleh

Untuk , maka

Untuk , maka diperoleh

Untuk , tidak ada nilai x yang memenuhi.

Untuk , diperoleh

Jadi,

[Diperbaharui, Senin 12 Maret 2012]

Kiranya sekian dahulu contoh pembahasan soal olimpiade matematika SMP, mohon koreksinya misal terdapat kesalahan. Jika ada pertanyaan atau ada yang masih kurang jelas silakan ajukan lewat komentar. Terimakasih.

aljabarsoal dan pembahasan PASIAD 2010
Comments (69)
Add Comment
  • giewahyudi

    Untuk komentar disini aja udah harus belajar matematika. 0 + 8 = ?????

    • zholieh

      Untuk mencegah spam mas, makanya dipasang pake quis kaya gitu. Mengurangi penggunaan plugin 🙂

  • Faisal

    Halo Pak Wandi, udah dijawab nih soalnya,hehe Mantap sekali mas penjelasannya,hehe

    • zholieh

      Iya nih Pak Wandi belum konfirm lagi soal yang nomer 2, lagi ngurus anekaberita mungkin mas xixixi

  • djawa

    hehe., makin butek aja nih otak lihat angka2 tersebut., aku cuma lancar klo lihat angka 5000+1000=6000 😀
    taluk mas ah

    • zholieh

      Kalo ngliat angka earning dolar gak mbulet ya mas? hahaha 😆

  • marsudiyanto

    Untuk menuliskan notasi matematika memang harus jelas, khususnya soal No. 2
    Itulah knapa jika mendikte soal ke siswa, kayaknya nggak cukup dan musti harus disertai tulisannya.
    Seberapa banyak tanda kurung juga bisa amat menentukan maksud soal.
    Misalnya saya mendike “dua pangkat x dikurangi 5, meski sudah pakai intonasi yg benar, tapi bukan tak mungkin masih ada yg salah tulis.
    Ada yg mengira (2^x) – 5 dan ada yang berpikir 2^(x-5)

    • zholieh

      Iya Pak, betul sekali. Karena persepsi dan daya tangkap siswa bisa berbeda, maka penulisan di papan tulis menjadi alternatif yang bisa mengurangi tingkat kesalahan siswa dalam menuliskan soal.

  • marsudiyanto

    Saya ada soal sederhana yang belum jelas sampai sekarang
    [(-1)^2]^(1/2) itu jawabnya -1; 1 atau plus minus 1 Mas?
    Atau malah bukan semuanya???
    Mudah2an bisa dijelaskan disini
    Untuk Pak Wandi juga boleh ikut njawab soal saya 😀

    • marsudiyanto

      Kalo soal saya ini sich bukan soal Olimpiade juga bukan dari Pasiad.
      Ini soal biasa, soal eksponen kelas X SMA…
      Dan bilangannyapun nggak yang ribuan, nggak faktorial
      Masih <10 😀

    • zholieh

      Berarti soalnya ya pak?
      Saya juga pernah menemui hal seperti itu pak, Kalau menurutku
      atau

      Jadi jawabannya 1 atau -1.
      CMIIW

      • marsudiyanto

        Nah disitu masalahnya Mas…
        Kalau ada siswa yg hanya ngerjakan salah satu trus dibenarkan apa disalahkan>. Karena kalau jawabnya 1 atau -1 kok cuma dijawab salah satu kan termasuk salah (inilah prinsip Matematika yg kadang nggak bisa diterima awam.

        Sama seperti kasus x^2 = 9, x=…
        Kalau dijawab 3 saja kan salah.

        • zholieh

          Karena menggunakan kata penghubung atau maka kalau ada yang menjawab salah satu dibenarkan saja pak 🙂
          Benar juga pak,
          Maka
          Haruskah disalahkan kalau hanya menjawab 3? Saya rasa tidak harus sampai disalahkan pak 🙂

      • marsudiyanto

        Saya amat sangat bingung ketika anak mengerjakan hanya sampai ketemu -1 terus berhenti, harus saya benarkan atau saya anggap salah
        (Matematika kan nggak kenal perikemanusiaan)
        Tapi kalau saya salahkan kok ya nggak pas, karena anak tersebut sudah secara benar mengamalkan rumus (a^m)^n adalah a^(mn)

        • marsudiyanto

          Dan pemakaian kata hubung “atau” sepengetahuan saya bukan seperti itu, kecuali kalau semestanya logika matematika.
          Memang benar kalau “atau” itu cukup salah satu benar, tapi tidak bisa untuk memberi toleransi manakala menjawab x^2=9 trus x=-3… 😀
          CMIIW juga

          • marsudiyanto

            Di matematika tak kenal kurang sedikit atau lebih sedikit, apalagi cuma separo.
            kalau jawabnya 3 dan -3 kok hanya dijawab 3, itu maknanya jawabannya baru separo. Tingkat salahnya sama ketika njawab 4 X 25 dijawab 50, karena baru separo juga

        • zholieh

          Ya mungkin perlu dijelaskan kepada siswa sejak awal pak, kalo menjawab soal seperti itu harus dua-duanya sekalian saja, biar disiplin 🙂

    • tutur

      numpang mampir pak.

      Maaf saya tidak setuju kalo jawaban soal di atas adalah 1 atau -1.

      Menurut saya jawabnya adalah 1.

      Yang perlu diperhatikan adalah untuk setiap bilangan riil x berlaku (x^2)^(1/2)=|x|.

      Jadi, harus hati – hati menggunakan aturan pangkat untuk bilangan negatif. Andaikan kita boleh menjawab

      [(-1)^2]^(1/2)=(-1)^1= -1

      maka coba perhatikan bukti di bawah ini :

      -1=(-1)^1=[(-1)^2]^(1/2)=1^(1/2)=1

      yang jelas salah.

      Demikian juga bila, [(-1)^2]^(1/2)= -1 maka kita juga bisa membuktikan bahwa -3=3, -4=4, dst.

      • Sholihin

        Trimaksih masukannya mas, memang kalau berdasarkan konsep nilai mutlak jawabannya adalah 1.
        Diskusi di atas mencoba melihat permasalahan tersebut berdasarkan sifat-sifat perpangkatan, yang jujur saja saya juga kadang masih bingung dengan jenis soal yang menjebak seperti itu 🙂

  • alaika

    wah, baru menemukan blog ini dari halamannya mba Nique…
    salam kenal dulu nih sama pak tutornya… 🙂
    anakku pasti akan senang dan akan bolak balik hadir di rumah mayamu nih mas…
    thanks for the pages yaaa….

    • zholieh

      Iya bu, salam kenal juga.
      Senang kalo tulisannya bisa bermanfaat dan bisa membantu yang lain 🙂

  • Kuliner Enak

    PASIAD tu apa ya mas?? maaf saya baru dengar…

    • zholieh

      Setauku PASIAD merupakan yayasan Asosiasi Solidaritas Sosial untuk Negara-negara Pasifik dari Turki, ada juga PASIAD Indonesia, salah satu kegiatannya ya mengadakan kompetisi matematika.
      CMIIW

  • ongisnade

    your post is nice.. 🙂
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. 🙂

  • andank

    wah mumet saya liat angka-angka diatas 😀

    • zholieh

      Jangan cuma dilihat mas Andank, tapi dipahami biar gak mumet 🙂

  • die

    OOT, sepertinya DOCTYPE-nya perlu disesuaikan.
    Selebihnya coba memahami, walaupun rada-rada mumet 😀

    • zholieh

      Doctype-nya perlu disesuaikan gimana pak? saya tidak mudeng hee….

  • Sriyono Semarang

    dulu waktu sd juara matematika se kecamatan 😀
    sekarang fusing lihat gituan,
    klo ngitung 2% kali 1 em gitu masih bisalah…. xixixi…

    • zholieh

      Wah hebat donk mas, bisa juara se kecamatan. Dulu saya pas SD belum pernah diikutkan lomba matematika, cuma pas SMA thok.

  • Adib mahdy

    wa baru tau ni ada blog Matematika SIP lah mantab
    izin save

    • zholieh

      Monggo silakan saja di save, moga bermanfaat.

  • I Love Indonesia

    aku suka ini Pak, dan saya tunggu jawaban yang kedua, mohon beritahu ya klo sudah di post

    • zholieh

      Trimakasih Pak, ini soal yang kedua masih menunggu konfirmasi dari pemberi soal, silakan sering-sering mampir Pak. Atau silakan berlangganan artikel via email, cukup masukkan alamat email dan klik OK pada sidebar kanan, dan konfirmasi email lewat inbox.

    • Sholihin

      Untuk jawaban soal nomer dua sudah saya perbaharui pak, silakan dicek jawaban di atas.

  • tomi

    ediaan tenan 😀
    saya paling kurang menyukai matematika mas 😀
    btw syaa liat page view masing2 postingan banyak banget.. maknyoooss

    • zholieh

      Saya lebih suka pelajaran eksak daripada hafalan macam IPS, PPKn dan sebangsanya 😀
      Kalau menurutku view postingannya kurang valid mas, soalnya kalau gak salah misal kita buka homepage, maka postingan yang ada dihomepage juga ikut nambah, atau misal kita edit suatu postingan dan kita lihat perubahannya juga nambah. Tapi ya moga aja memang banyak yang membaca postingannya 🙂

  • Hanif

    wah, ada deret matematika. hehe. deret apa mas itu? ganjil apa genap ya?

    • zholieh

      Soal mengenai pola bilangan matematika maupun jumlah deret seperti itu seringkali muncul dalam soal olimpiade. Untuk memudahkan pengerjaan soal seperti itu perlu dilakukan manipulasi bentuk 🙂

  • andank

    wow itu angka semua mas? 😀

    • zholieh

      Enggak semua mas Andank, ada hurufnya juga kok 😀

  • Citra

    Terimakasih 😀
    Kebetulan baru dibahas di les
    Jadi bisa buat nambah2 deh
    hehehehhehe

    • Sholihin

      Iya sama-sama, sering-sering aja mampir ke sini 🙂

  • Atep Saepulloh

    Wah matematika adalah pelajaran yang paling tidak saya kuasai, nilai matematikaku jeblok semua… hehehe
    Harus sering2 maen kesini ah, biar tambah pinter matematika 😀

    • Sholihin

      Monggo mas, silakan sering-sering saja mampir ke sini. Sangat disarankan malahan 🙂

  • Citra

    Tolong bantu ya mas

    Jika V menyatakan volume dan s luas permukaan dari sebuah balok berukuran a x b x c maka 1/v =…
    a. s/2 (a+b+c)
    b. 2s/a+b+c
    c. 2/s (1/a + 1/b + 1/c)
    d. 2s (a+b+c)

    tolong bantu secepatnya ya..
    soal yg lebih jelas ada di buku MM kelas VIII jilid 2 penerbit erlangga hal 323 no. 18

    makasiii

    • Sholihin

      Maaf baru sempat bales….

      Kalikan kedua ruas dengan 1, karena maka





      Jadi, jawabannya adalah pilihan C
      Apakah sudah jelas? atau ada yang masih ditanyakan?

      • Citra

        makasi ya mas…
        😀

  • u-tariiii

    kak…
    tny dunk…
    hhehehe….
    ini ad soal…
    Misalkan f(x)=2/(4^x+2) untuk x∈R hitunglah f(1/21)+f(2/21)+f(3/21)+⋯+f(20/21)
    tolong yy…
    jwbn.a sianx ini bsa g…
    hhehehe….

    • Sholihin

      Ya nanti Insya Allah kalo sempat saya publish pembahasan jawabannya, itu atau

      • haqqinna

        ya yang depan,,,,,

  • haqqinna

    tny donx kak….
    hihi….
    Sederhanakan bentuk berikut ini

    a^3/((a-b)(a-c))+b^3/((b-a)(b-c))+c^3/((c-a)(c-b))

    • Sholihin

      Iya, insya Allah nanti saya tuliskan pembahasannya.

  • mufidah

    kakak yang baik.! mau nanya nich

    carilah semua fungsi ƒ:R→R sedemikian hingga

    {ƒ(x) – ƒ(y)}/{(x-y} = {ƒ(x).ƒ(y)}/{xy} dan x tidak samadengan y

    maaf banget urgent banget kakak

    • Sholihin

      Itu syaratnya apakah hanya saja?
      Karena kalau maka penyebutnya = 0.

  • Jidane

    ka Tolong Kasih Soal Donk Garis Singgung Lingkaran Tapi 6 aja………Plizzzzzzz…..Mohon bantuannya

  • Jual Tanah

    Ada yang bisa share soal2 OSN utk SMU ?

  • Hendra Setiawan

    tolongin dung
    akar(6+akar6……(sampek tak hingga))=x
    berapa nilai x
    makasih/….

    • Sholihin


      Kedua ruas dikuadratkan, sehingga diperoleh

      Secara lengkap ditulis sebagai berikut:

      Dari persamaan terakhir, di dapat atau . Apakah mungkin hasil penjumlahannya bernilai negatif? Tidak.
      Jadi jawabannya adalah
      Semoga bisa membantu 🙂

  • tuty feronika

    kk mtak tlong cieh 4 Log(A+2) – 4 Log(apngkat2-4)=?
    brpa ye kk

    • Sholihin

      Bentuk soalnya seperti ini ya?

      Baiklah, sebenarnya lebih baik ditanyakan di postingan Soal-soal logaritma tapi ya sudah tidak apa-apa 🙂
      Pertama, gunakan sifat-sifat dasar pada logartima





      Jadi,
      Sudah jelas atau masih ada yang ditanyakan?

  • tuty feronika

    4 log(a+2)-4 log(apangkat2-4)= ?

  • diach

    kak mw tanya 3 soal,, soalnya ni gmna pnyelesaiannya,, mohon bantuannya yah kak:)please
    1. (1/1-p)pangkat4 (1/1+p)pangkat-6 (1+p/1-p)pangkat-5 ?
    2. (xpangkat2/3ypangkat-4/3: ypangkat2/3xpangkat2)pangkat-3/4 ?
    3. jika diketahui a=4+akar3 dan b=4-akar3, maka nilai a pangkat2 + b pangkat2-2ab?

  • Pembahasan Soal dari Diach | Dunia Matematika

    […] soal tersebut sesuai dengan pemahaman saya. Mohon maaf sebelumnya kalau ada kesalahan. Soal yang ditanyakan oleh komentator bernama Diach itu adalah sebagai berikut […]